Pembangunan Terminal Wisata Pelabuhan III Likupang Tuntas, Qowi : Tahun Depan Mulai Difungsikan

0

Foto : Gedung Terminal Wisata Pelabuhan III Likupang. M Qowi (insert)

Katasulut.com – Sejumlah sarana penunjang guna mendukung sektor pariwisata sementara dibangun di Kabupaten Minahasa Utara.

Hal ini sekaligus untuk mewujudkan program Presiden Jokowi menjadikan wilayah Minahasa Utara khususnya Likupang sebagai salah satu Kawasan Super Prioritas Pariwisata.

Salah satunya adalah gedung terminal wisata pelabuhan penumpang kelas III yang berada di Desa Munte Likupang saat ini telah selesai dibangun.

Berada di kompleks pelabuhan, terminal wisata ini selain dimanfaatkan masyarakat lokal, tetapi juga nantinya akan melayani turis mancanegara yang ingin mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ada di Pulau Lihaga, pulau Gangga maupun pulau Bangka.

Namun demikian dijelaskan Kepala Pelabuhan Kelas III Likupang M. Qowi, pengoperasian terminal wisata akan mulai difungsikan tahun 2022 nanti.

” Saat ini fisik pembangunan terminal wisata yang ada di lokasi pelabuhan kelas III telah rampung akan tetapi kita masih harus melengkapi beberapa fasilitas penunjang seperti dermaga apung yang akan dikerjakan tahun ini juga agar target pengoperasian di tahun. 2022 bisa tepat waktu, ” jelas Qowi, Jumat (26/3/21).Tidak hanya itu lanjut Qowi, dalam pembangunan sejumlah fasilitas penunjang yang ada, pihaknya tetap mengutamakan kearifan lokal yang menggambarkan ciri khas Sulawesi Utara khususnya budaya Minahasa Utara termasuk di dalamnya akan dilengkapi berbagai macam aksesories khas daerah.

” Ini juga penting namanya fasilitas Pariwisata tentu harus mengedepankan kearifan lokal agar nantinya turis yang datang dapat memanfaatkan terminal wisata untuk belajar serta mendapatkan informasi tentang ciri khas budaya yang ada di Sulawesi Utara, ” kuncinya.(tem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here