Perubahan Besar Terminal Penumpang Pelabuhan Manado Kini Tampil Beda, Rudi Hartono : Ini Bentuk Pelayanan Kami Kepada Masyarakat

0

Foto : Rudi Hartono Lontaan

Katasulut Manado – PT. Pelabuhan Indonesi IV (Pelindo) cabang Mando terus melakukan pembenahan serta perubahan besar guna meningkatkan layanan bagi masyarakat terutama kenyamanan bagi calon penumpang kapal.

Pelabuhan Manado yang dahulunya terlihat kumuh apalagi terminal penumpang yang sebelumnya difungsikan sebagai gudang kini telah berubah wajah dan ditata dengan baik bahkan area tersebut sudah dilengkapi dua belas unit standing AC sehingga menambah kenyamanan penumpang yang menunggu jadwal keberangkatan.

General Manager PT.Pelindo IV Cabang Manado Rudi Hartono Lontaan mengatakan, hal ini dilakukannya semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat apalagi pelabuhan Manado berada di Ibukota Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan salah satu pintu gerbang masuk di daerah ini.

Dikatakannya meski akhir-akhir ini ia mendapat sorotan terkait kebijakan menaikan tarif masuk penumpang, namun hal itu dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam bentuk perbaikan fasilitas yang ada di pelabuhan.

” Soal kenaikan tarif itu adalah pertanyaan yang berulang-ulang saya dengar, saya sudah beberapa kali sampaikan kepada rekan-rekan media bahwa tujuan kami itu tidak lain adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan itu akan saya buktikan dengan kerja-kerja yang akan saya lakukan di Pelabuhan Manado. Kita lihat saja nanti Pelabuhan Manado seperti apa, masyarakat boleh melihat dan menilai apa yang kami kerjakan ” terang GM Rudi sapaan akrabnya, Rabu, (8/9/21).

Tak hanya itu lanjutnya, perubahan besar juga akan dilakukan PT. Pelindo di area pelabuhan seperti perbaikan fasilitas toilet yang selama ini dikeluhkan masyarakat. Bahkan di luar area terminal penumpang akan dibangun kanopi yang terhubung ke dermaga 8 guna melindungi masyarakat dari cuaca hujan.

” Kedepan kami juga berencana melengkapi area terminal penumpang dengan fasilitas ruangan khusus untuk menampilkan budaya daerah seperti musik Kolintang, bahkan juga penampilan tarian Masamper yang menjadi kearifan lokal daerah kita, termasuk informasi tempat – tempat wisata yang ada di Sulawesi Utara, ” terangnya.

Disisi lain Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Manado Mozes Imanuel Karaeng ikut memberi apresiasi terobosan GM Pelindo Manado dalam upaya melakukan perubahan untuk membenahi fasilitas yang ada di Pelabuhan Manado.

“Kita harus menjadi lebih baik minimal fasilitasnya untuk kenyamanan bagi calon penumpang, ini kan harus ada perubahan – perubahan. Karena saya pertama kali bertugas disini, saya minta Pelindo sebagai badan usaha pelabuhan harus memperhatikan itu, ” tandasnya.

Ia juga bahkan mendukung kebijakan PT. Pelindo Manado soal kenaikan tarif masuk sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat.

” Pelindo itu-kan mandiri, ia harus cari sendiri karena mereka tidak ada subsidi dari pemerintah sehingga kalau ada kebijakan mereka menaikan tarif masuk itu salah satu upaya yang dialihkan untuk perbaikan fasilitas. ” pungkasnya. (tem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here