Sekwan Glady Kawatu Puji Metode Reses MJP, Libatkan Parisipatif Masyarakat Lewat Kuisioner

0

Katasulut Minut – 45 Pimpinan dan anggota DPRD Sulut hari ini hampir menyelesaikan kegiatan Reses III Tahun 2021 yang berlangsung seminggu yakni 23 – 30 November untuk menyerap aspirasi masyarakat di masing – masing daerah pemilihan (dapil).

Salah satunya dilaksanakan legislator Sulut Melky Jakhin Pangemanan (MJP) yang melaksanakan kegiatan reses di Desa Kema Kabupaten Minahasa Utara Senin, (29/11/21).

Ada hal menarik disampaikan Sekretaris Dewan (Sekwan) Glady Kawatu saat melaksanakan tugas monitoring pada kegiatan reses MJP tersebut.

Kawatu yang didaulat menyampaikan sambutan dihadapan masyarakat Kema I dan II memuji cara politisi PSI ini menggunakan model kuisioner dalam menyerap aspirasi dengan tujuan agar keterlibatan parisipatif masyarakat dalam sebuah reses akan memberi hasil yang lebih aktual dan berbasis fakta sehingga mudah untuk dikonfirmasi atau diklarifikasi ketika ada informasi yang membutuhkan penjelasan teknis.

” Pada reses kali ini pak Melky membuat terobosan yang luar biasa. Salah satunya dengan menjaring aspirasi masyarakat menggunakan kuesioner. ujar Kawatu.

Menurut Sekwan, kuisioner yang dibagikan ke masyarakat menjadi metode yang efektif dan efisien, dalam mengakomodir begitu banyaknya masalah yang ada di masing-masing dapil sehingga penyampaian aspirasi menjadi lebih rinci dan tertata rapi.

” Ini juga dapat meminimalisir waktu reses dari anggota dewan di lapangan, ” ujar Kawatu.

Pada kegiatan reses yang ikut dihadiri Pemerintah Kecamatan Kema, Kapolsek dan Kepala desa Kema I dan II tersebut terungkap ada sejumlah poin utama aspirasi yang disampaikan warga seperti perbaikan sejumlah sarana infrastruktur yang ada di wilayah tersebut.

Untuk sektor kesehatan warga mengharapkan adanya bantuan BPJS Pemerintah (KIS) karena masih banyak warga yang belum terdata sebagai penerima KIS, padahal mereka sangat membutuhkan.

Termasuk bidang Pendidikan, Sosial Pertanian/Perkebunan/Peternakan, UMKM serta permasalahan umum lainnya.

Menanggapi aspirasi warga, MJP berjanji akan membawa semua aspirasi masyarakat ke gedung DPRD dan menyampaikannya kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

” Saya akan berjuang dan mengawal semua aspirasi yang masuk demi kepentingan masyarakat dan daerah. ” tegas MJP. (tem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here