Menhub Budi Karya Sumadi Resmikan Empat Kapal Wisata Bottom Glass, Dua Diantaranya Ada di Likupang

0

Katasulut Minut – Kegiatan Peresmian Kapal Wisata Bottom Glass oleh Bapak Menteri Perhubungan Budi Karyadi Sumadi dilakukan secara virtual dari Labuan Bajo Jumat (18/3/22) jam 16.00 Wita.

Kapal Wisata Bottom Glass buatan dalam negeri, tersebut untuk mendukung pengembangan wisata di daerah yang menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas tersebut.

Adapun empat unit kapal yang diresmikan berlokasi di Labuan bajo 2 unit diberi nama Baswara Bahari 1 dan Baswara Bahari 2 bertipe katamaran dan dua Unit di Likupang dengan nama Nirmala Bahari 1 dan Nirmala Bahari 2.

Kapal ini memiliki keistimewaan karena dilengkapi dengan kaca pada bagian bawah dan dapat menampung menampung 44 orang dan 7 anak buah kapal (ABK).

Menhub menjelaskan, keberadaan kapal ini akan menjadi suatu daya tarik tersendiri, yang akan memikat para wisatawan baik domestik maupun internasional.

“Oleh karenanya, saya pesan kepada Pemda agar ini dikelola dengan baik dan kita sudah sepakat untuk mencari pihak yang profesional untuk mengelolanya,” jelas Menhub.

Untuk diketahui, guna mendukung destinasi wisata super prioritas, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub membangun 4 (empat) unit kapal wisata Bottom Glass dengan alokasi anggaran kurang lebih Rp. 80 Milyar, yang dikerjakan mulai tahun 2020. Dua kapal diperuntukkan bagi Labuan Bajo, dan dua kapal lagi untuk destinasi wisata Likupang dan Bunaken.

Pembangunan kapal diproduksi oleh galangan kapal dalam negeri dengan 4 (empat) paket pekerjaan di Jakarta dan Surabaya. Menhub berharap, Pemda dapat mengoptimalkan pemanfaatan kapal ini untuk mendukung sektor pariwisata dan menumbuhkan titik-titik perekonomian baru di daerah.

Pada kesempatan tersebut Sekda Minahasa Utara Rivino W.L Dondokambey yang hadir dalam peresmian tersebut menyampaikan terima kasih kepada Presiden dan Menhub serta UPP Likupang yang telah memberi perhatian yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi di Likupang khususnya dalam usaha mendukung destinasi pariwisata super prioritas dan KEK Pariwisata Likupang.

“Kami berharap bantuan kapal wisata yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi pengembangan pariwisata di Likupang serta dapat menyejahterakan masyarakat di kawasan Ekonomi Khusus Likupang.

Sementara itu Kepala Kantor UPP Likupang M.Qowi menyampaikan bahwa 2 Kapal yang ada di Likupang saat ini statusnya dititip sementara selama 3 Bulan pada Syahbandar Likupang untuk dijaga dan dirawat sambil menunggu proses serah terima Hibah dari Kemenhub ke Pemda Prov. Sulut satu unit beroperasi di Bunaken dan Pemkab. Minahasa Utara satu unit beroperasi di Likupang.

Dalam kegiatan peresmian secara virtual tersebut dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Sekda Kabupaten Minahasa Utara mewakili Bupati Minahasa Utara untuk KM. Nirmala Bahari 1 dilanjutkan oleh Kadishub Daerah Provinsi Sulut mewakili Gubernur Sulut untuk KM. Nirmala Bahari 2.

Turut hadir di Dermaga Pelabuhan Laut Likupang Sekda Kabupaten Minahasa Utara, Kadis Perhubungan Provinsu Sulut, Kadis Perhubungan Kabupaten Minut, Direktur PD Klabat, Kadisnav Kelas I Manado/Bitung, KSOP Bitung, KSOP Manado, UPP Amurang, BPTD XXII Sulut, Basarnas dan Satpolair.**(tem)

Artikulli paraprakPekan Depan BPK “Tancap Gas”, Tindak Lanjuti LKPD 2021 Unaudited Pemerintah Daerah se – Sulut
Artikulli tjetërTerapkan PKPU 14/2020, KPU Sulut Lakukan Penyesuaian Struktur di Jajaran Sekretariat Sekaligus Terbitkan 3 Produk Hukum Baru