Dari Dialog Interaktif ‘Cerdas Memilih’ Bersama Kemenkumham Sulut dan KPU Sulut di Rutan Manado, Ronald Lumbuun Jamin Netralitas, Lapas dan Rutan Steril dari Kampanye Caleg

0

MANADO – Kakanwil Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun memberikan garansi bahwa seluruh perangkatnya sudah sangat siap untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Kesiapan itu tidak hanya di jajaran Kemenkuman Sulut namun juga menyebar di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) yang ada.

Termasuk memberikan kesempatan kepada 2500 Warga Binaan di Sulut untuk menyalurkan hak pilih mereka dengan sebaik-baiknya sebagai warga negara yang baik.

‘’Atas nama Demokrasi sebagai sebuah negara hukum akan support. Saya pastikan semua mendukung, termasuk bekerjasama dengan KPU. Sebenarnya itu sudah berjalan selama ini,’’ ujar Kakanwil Ronald Lumbuun di sesi tanya jawab dalam Dialog Interaktif ‘’Cerdas Memilih’’ Bersama Kemenkumham Sulut dan KPU Sulut yang dipandu Bobby Sambeka dari RRI Manado di Aula Rutan Manado, Kamis (25/5).

Tampil juga Narasumber dari KPU yang diwakili Komisioner KPU Minahasa Peter PD Maweikere dan Pengamat Politik dari Unsrat, Dr Alfons Kimbal, S.Sos, M.Si.

Bukan hanya soal kesiapan. Kakanwil juga menjamin bahwa pihaknya akan benar-benar menjunjung tinggi netralitas dalam Pesta Demokrasi tersebut.

‘’Saya tegaskan dan saya pastikan, kami akan netral dan tidak memihak,’’ ujar Lumbuun. Sedangkan dengan semakin dekatnya Pemilu Kakanwil juga memastikan Lapas dan Rutan yang ada di Wilayah Kemenkumham Sulut bebas dari kampanye Caleg manapun.

‘’Seluruh Wilayah Lapas dan Rutan akan steril dari segala bentuk kampanye termasuk buat para Caleg,’’ tegasnya.

Menanggapi penegasan Kakanwil, Ka Rutan Manado, Deny Fajariyanto menjelaskan bahwa pihaknya akan tegak lurus dengan petunjuk tersebut.

‘’Ketentuan memang tidak mengisinkan,’’ tuturnya.
Sedangkan Peter PD Mawiikere yang juga Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Minahasa menjelaskan bahwa sesuai data terakhir yang masuk di Rutan telah terdata 305 Warga Binaan yang memilki hak pilih.

Namun dinamika itu biasa berubah menjelang pencoblosan nanti. Tentunya bila ada perubahan akan dikoordinasikan KPU Tombulu dengan Rutan Manado.

Di Rutan Manado sendiri yang masuk di Dapil Minahasa, menurutnya akan disiapkan 2 TPS.

‘’Ada 5 kartu suara yang kami siapkan. Bila dia pemilih Minahasa yang beralamat KTP di Kecamatan Tombulu dan Pineleng akan mendapat 5 kertas suara, memilih DPR Minahasa, DPR Sulut dari Dapil Minahasa dan Tomohon, DPD RI, DPR RI dan Presiden,’’ ungkapnya. (pas)

Artikulli paraprakNo Deposit Bonus Casino Promotions at Sky Vegas
Artikulli tjetërHow to Purchase Term Papers Online